Minggu, 22 September 2013

Schlumbergerventure : Journey to Schlumberger (Part 2)


Good Morning, guys! so here it is. lanjutan dari cerita perjalanan menuju Schlumberger ini. Enjoy! :)

#4 : HR Interview

Okay. Congratulation for those of you who's made it till this test. HR Interview pada rekrutment gue dilakukan sehari setelah tes hari pertama selesai. Jadi pada hari selasa, 19 Februari 2013 tes selesai sekitar jam 2.30 sore setelah focus group discussion selesai dan peserta yang lolos ke tahap berikutnya telah diumumkan. Kemudian kita diberi pengarahan untuk melakukan HR Interview di tempat yang berbeda. Tapi bisa aja langsung hari itu juga di tempat yang sama kalau memang waktunya cukup. Gue dapet jadwal untuk HR Interview besok paginya jam 9.30 pagi. Hari rabu paginya, gue nggak ke kampus. Ceritanya bolos. Haha.. Jangan ditiru guys. Walaupun sebenernya pagi itu ada jadwal praktikum di kampus, tapi gue mikirnya jam 10 gue kelar interview dan masih sempet ikut praktikum lah. Cuma absennya aja yang gue telat lagian  gue udah titip izin kok. Tapi apa daya, Bapak dosen praktikum tercinta tidak membiarkan gue bolos absen gara-gara interview dan gue dikasih hadiah alpa 7 jam. Terima kasih ya pak! #TrulySarcasm

Anyway make sure you prepare some CV's, your transcript, or some of your achievement certificate, TOEFL certificate, etc. Just in case if it needed later. Better be prepared, right? Seperti yang mungkin lu pernah baca juga di blog lain, untuk proses interview ini basicly untuk tahu lebih jauh tentang pribadi lu. Jadi lu nanti bakal dapet pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini :
  • Please describe yourself/tell me about yourself?
  • What is your best quality/what is the strongest point of yourself?
  • What is your worst quality/weaknesess?
  • How is you deal with your problem? Or with your weaknesess?
  • Tell me about your family?
  • Tell me about your hobby?
  • What is your position preference?
  • Where do you want to work? (Jakarta/Balikpapan/Riau)
  • Why do you want to work in Schlumberger?
  • What is your goal with schlumberger?
  • Why do you choose Field Engineer/Specialist or Maintenance Engineer/Technician or other position?
  • Please tell me about your background study?
Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bakal lu dapet ketika sudah sampai pada tahap ini. Sedikit informasi guys, pada saat interview ini nggak menutup kemungkinan bakal ada pertanyaan-pertanyaan yang bersifat teknikal. Sebagai contoh, gue kebetulan adalah mahasiswa Teknik Kimia. Pada saat HR Interview, temen gue yang juga dari jurusan yang sama dapet pertanyaan seperti ini:
  • Do you know about corrosion? Can you explain to me the reaction of corrosion?
  • Please explain about acid and base?
  • Please explain about the molarity? Is different from molality?
  • Please write down this following chemical substance into its chemical symbol
Temen gue yang dari jurusan mesin/mekanik juga dapet pertanyaan teknikal seperti:
  • Please explain about hidrolic system
  • What is the essential part for performance in machine?
Dan beberapa jenis pertanyaan teknikal lainnya. So my advice please read some of your old notes, some basic information about your study. Just to be prepared. Karena kita nggak tau bakal dapet pertanyaan apa. Satu lagi yang mesti diingat adalah remember interview ethics! Mungkin beberapa dari kita bakal lupa tapi ini penting. Bahkan beberapa dari temen gue sampai lupa saking mereka grogi ketemu sama interviewernya. Ketika kita menghadapi  interviewer, ucapkan salam terlebih dahulu kemudian jabat tangan mereka. Not too firm but not too loose either and the most important : smile! Tunjukkan kesan kalau kita excited to be here with them. Usahakan kontak mata tetap terjaga dan posisi duduk yang santai. Hati-hati terhadap gesture tangan dan kaki. Ketika interview dimulai jawab aja pertanyaan demi pertanyaan dengan santai namun tetap berbobot isinya dan tetap ringkas. Jangan terlalu bertele-tele. One last piece of quick advice guys, interview needs practice. Trust me on this. Karena kita akan melakukan interview dalam bahasa inggris yang jelas bukan bahasa ibu kita. So practice makes perfect. Bahkan orang yang TOEFL nya 500 sekalipun tetap butuh latihan at least sekali untuk melatih lidah mereka dalam menjawab pertanyaan. Jadi usahakan lu udah punya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti diatas dan coba berlatih dalam menjawabnya. Make simulation. Karena mungkin dalam bahasa Indonesia pertanyaan seperti itu mudah saja dijawab, tapi dalam bahasa inggris? Bisa saja terjadi blank saking groginya dan akhirnya speechless.

So, pagi itu gue di interview dengan Bu Krisdiana. It was 30 minutes of fun interview. Setelah interview selesai, kandidat yang lulus akan diinformasikan lewat email dan telepon. Jadi setelah ini yang gue lakukan adalah waiting for that email and phone call. Disini lah proses menunggu terjadi guys. Dari yang gue tau durasi tiap-tiap orang berbeda guys. Ada yang   satu bulan, dua bulan, tiga bulan, bahkan lebih dari lima bulan. Gue termasuk yang lebih dari lima bulan guys. Total gue nunggu email untuk ke tahap selanjutnya adalah kurang lebih 6 bulan. Jadi kalian yang sedang dalam masa tunggu gue Cuma bisa bilang sabar guys. Keep pray hard and study hard. Nanti insya Allah email yang ditunggu bakal masuk ke inbox kita :)

Inget cerita rekrutment gue terjadi bulan apa? Yup! It's on February. Nah pada saat gue lagi sibuk-sibuknya ngurus Tugas Akhir. Di suatu sore bulan Juli. Kampus udah sepi, gue masih nunggu dosen untuk konsultasi. Ada panggilan masuk dari nomer yang nggak dikenal. Nomor depannya 021-7xxxxx, Oh My God!! This is it! Gue angkat dan suara Bu Kris diseberang sana, "Halo? Benar dengan Rizaldi? Apa kabar Rizaldi?.." dan isi dari telepon itu adalah gue ditawarin untuk mengisi posisi FSA (Field Service Assistant) di Balikpapan. Bu Kris merekomendasi gue untuk ambil tawaran ini dan gue ambil lah. Sedikit informasi, gue apply di posisi operation/technical sedangkan tawaran pekerjaan ini adalah posisi kantor/marketing/bussiness semacam itu. Ketika gue baca detail pekerjaannya, gue sempet ragu karena background gue teknik dan yang dibutuhkan adalah orang dengan background bisnis. Gue sempet konsultasiin terlebih dahulu dengan Bu Kris apakah gue tetep ambil posisi ini atau enggak. She said, "go for it", then i am taking it. Akhirnya akhir Juli 2013 gue berangkat ke Balikpapan untuk ketemu langsung dengan calon manager gue ntar dan interview dengan beliau. Dari awal gue sih mikirnya nothing to lose lah, gue tetep harus perjuangin ini posisi karena Bu Kris udah percaya sama gue dan gue gak mau ngecewain rekruter gue pastinya. Akhirnya gue ketemu dan interview dengan, Mr. Claudi. He's a very great person. I like him. He's nice. Ketika gue interview bareng Mr. Claudi, he said that he likes my enthusiasm and want to have me there. Tapi sayangnya kriteria gue gak match sama ekspektasinya Mr. Claudi. Beliau lebih mengharapkan seseorang yang lebih berpengalaman, dibandingkan gue yang fresh graduate. Berita baiknya, beliau bilang CV gue ditahan jadi kalau ada posisi kosong pasti akan langsung diinfomasikan ke gue. Walapun tetep sedih karena gak diterima,  but hey it's nothing to loose right? Malamnya gue email Bu Kris untuk informasi bahwa gue sudah melakukan user interview dan ternyata manager mau sesorang yang lebih berpengalaman.

So guys, that is my story. I hope you will get something useful when you read this :) thanks for stopping by and don't forget to comment! Have a good day everyone! Cheers! :)

P.S : ceritanya belum habis sampai disini. Karena setelah itu ada kiriman email lagi dari bu Kris yang bikin gue loncat-loncat saking senengnya! Tunggu di postingan berikutnya! Schlumbergerventure part 3! Come out soon!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar